Eksistensi Bisnis Industry Musik di Era Digital

Eksistensi Bisnis Industry Musik di Era Digital

Naif Manggung “Bersama” Gerimis dalam We The Fest (WTF)
Padamnya Tren Lady Rocker Indonesia, Apa Penyebabnya?
Lika-liku Perjalanan Eddy Silitonga: Pernah Jadi Kondektur Bus Kota hingga Main Film

Jurnalmusik.com – Eksistensi para pelaku musik yang semakin berkembang pada saat ini tentu menjadikan kita harus lebih kreatif dan produktif dalam bersaing untuk membuat berbagai terobosan baru. Pasalnya banyak sekali musisi band maupun solo, akhirnya harus meninggalkan passion tersebut dikarenakan berbagai tuntutan untuk menunjang kehidupan masa depan.

Banyaknya berbagai pegiat musik yang akhirnya harus berhenti di tengah jalan tersebut, menjadikan setiap orang mulai meragukan bisnis industry dalam bidang musik ini. Bahkan dikarenakan sulitnya agar bisa meningkatkan eksistensi musisi tersebut menjadi salah satu hal yang dianggap bahwa bisnis ini sudah semakin tidak menjanjikan.

Kendati demikian, beberapa musisi tetap bisa mempertahankan eksistensinya, meskipun memang mengalami penurunan yang signifikan dalam berbagai konser.

Hal tersebut tentu menjadikan beberapa musisi akhirnya harus mengikuti perkembangan zaman yang semakin berkembang. Misalnya dengan memikirkan berbagai solusi untuk menutupi penurunan eksistensinya, dan mencoba peruntungan dalam bidang lain seperti merchandise, ringtone, dan berbagai hal lainnya.

Peluang tersebut tentu menjadikan setiap pelaku industri musik selain harus bisa menciptakan berbagai cara untuk meningkatkan eksistensinya, juga harus lebih kreatif dan memperhatikan tips jualan online sukses untuk bisa memasarkan merchandise dan rilis album.

Meningkatkan Penjualan Merchandise

Banyak sekali berbagai musisi indie maupun major label mulai memproduksi berbagai merchandise yang menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan yang menjanjikan. Pasalnya setiap para fans biasanya ingin memiliki berbagai pakaian original yang dirilis oleh setiap musisi favoritnya. Baik itu kaos, sweater, jaket, sepatu, bahkan hingga tas tentu memiliki potensi yang sangat besar.

Dalam memasarkan merchandise tersebut, selain bisa Anda jual di berbagai komunitas ataupun fans club, tentu Anda juga bisa memasarkan di berbagai media sosial dan juga berbagai toko online yang terpercaya. Dengan demikian, bukan hanya para penggemar saja yang bisa membeli berbagai aksesoris tersebut.

Ketika Anda fokus untuk menjual merchandise tersebut, ada baiknya Anda memiliki situs khusus yang menangani berbagai penjualan berbagai aksesoris band Anda. Dengan demikian, tentu setiap orang yang hendak membeli merchandise tersebut akan lebih tertarik ketika mencari barang yang ingin dibeli. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan berbagai metode pembayaran seperti transfer via atm, dompetku, paypal dan masih banyak lainnya. Hal tersebut tentu akan mengesankan bahwa Anda serius dan fokus dalam mengembangkan berbagai merchandise musik band Anda.

Meraup Keuntungan Dengan Rilis Album

Meskipun di zaman era digital ini banyak sekali pembajakan yang semakin membesar, tentu hal tersebut akan sangat merugikan para musisi yang sudah menciptakan berbagai album. Kendati demikian, tentu jika Anda seorang musisi yang memiliki passion dalam hal tersebut itu bukanlah suatu masalah yang besar. Namun hal tersebut tentu akan berbeda cerita jika Anda ingin menjadi musisi profesional yang terjun dalam dunia industri musik.

Jika Anda ingin menjadi seorang profesional dalam industi ini, tentu Anda harus bisa menjadikan setiap rilisan album tersebut salah satu cara untuk meningkatkan popularitas maupun cara meraup keuntungan. Misalnya bekerjasama dengan beberapa situs ataupun aplikasi seperti itunes. Dengan demikian, lagu Anda pun bisa menjadi salah satu sumber penghasilan. Selain itu, Anda juga bisa menjual berbagai album yang di rilis dan di jual di berbagai toko online, maupun market place. Dengan demikian, para penggemar musik Anda pun bisa mendapatkan rilis album original untuk dikoleksi.

 

 

 

 

Komentar