Gabungkan Ayat Al Quran di Lagu, CL ‘2NE1’ Kena Protes dan Minta Maaf

Gabungkan Ayat Al Quran di Lagu, CL ‘2NE1’ Kena Protes dan Minta Maaf

Aksi Panggung Nicky Astria, Jeans Robek dan Nyeker
Joey Alexander Tampil Memukau di Hadapan Presiden Obama
Video “Call Me Baby” dari EXO Tembus 100 Juta Penonton di YouTube

Lagu terbaru CL yang ada di album terbaru 2NE1 bertajuk Mental Breakdown (MTBD) langsung membuat kehebohan. Tak hanya penampilan CL yang memukau dan lagunya yang enak didengar, tapi juga lirik lagunya yang penuh kontroversi.

Dikutip Billboard, Selasa (8/11/2016), pada awal minggu ini ia tampil di Kanada dan Amerika Serikat. Dalam lagu ‘MTBD’ terdengar deretan ayat Al-Quran yang didengar oleh penonton. Penonton dan penggemar CL pun memintanya untuk menanggalkan lirik tersebut menggunakan tagar ‘#cl_stop_using_our_quran’ pada akun Instagram dan Twitter resmi CL.

Meski demikian, ada juga yang memberikan dukungan. Dan juga, banyak yang bingung dengan kata dalam Al Quran yang dinyanyikan CL karena kurang terdengar jelas.

Pemilik akun essraa mhmoud menuliskan, CL menggunakan kata yang diambil dari kitab suci Al Quran. “CL dengan berani menggunakan kata-kata yang dianggap suci itu untuk lagu,” tulisnya.

Namun pemilik akun lydia kwon menolak pernyataan tersebut. “Itu bukan kata dalam Al Quran. Hanya alunan nada dari lagu Arab saja.”

Akun Maria Castillo mengungkapkan jika menggunakan kata dalam Al Quran memang tak diperbolehkan, sama saja melecehkan umat Muslim. “Ayah saya tengah berada di Arab Saudi. Saya dan ayah tidak beragama Islam. Tapi ketika ayah saya mendengarkan kabar ini, ia sangat marah. Memang kata dalam Al Quran dianggap suci sehingga harus menghargainya.”

Pembicaraan tersebut pun berlangsung ke media sosial Twitter. Akun @AJtheBJ memberikan penjelasan mengenai penggunaan kata yang disebut ada di dalam Al Quran oleh CL. @AJtheBJ menyebut dirinya seorang muslim dan mempelajari Al Quran.

“Saya juga akan marah jika kata dalam Al Quran digunakan untuk lirik lagu. Tapi setelah mendengarkannya dengan seksama, itu bukan lah ayat atau kata dalam AL Quran, hanya bacaannya saja yang terdengar seperti itu. Lagu CL hanya menggunakan backsound yang terdengar seperti mengaji,” tulis @AJtheBJ.

Minta maaf

Atas kontroversi dan kritik tersebut, CL akhirnya meminta maaf dan berjanji akan memperbaiki keadaan.

CL meminta maaf lewat akun Twitter dan menjelaskan bahwa teknisi telah mengirimkan lagu yang salah. “Untuk semua yang merasa tersinggung, saya sangat minta maaf,” tulisnya pada Senin (7/11).

Ia melanjutkan, “Yang sebenernya terjadi adalah teknisi saya salah mengirimkan versi lama dari lagu ‘MTBD’. Saya bertanggung jawab karena tak menyadarinya dari awal. Niat saya tidak akan menggunakan versi lama dari lagu ini lagi,” lanjutnya.

Penampilan selanjutnya di Atlanta, Chicago, dan Toronto tak akan lagi menggunakan versi lama lagu tersebut.

Komentar