Komponen Penting Untuk Membangun Sebuah Band

Komponen Penting Untuk Membangun Sebuah Band

Konser “The Story Maker” di Sabuga Bandung Dibatalkan Secara Sepihak, Ratusan Calon Penonton Bingung
Joey Alexander Tampil Memukau di Hadapan Presiden Obama
Candil Luncurkan Album Solo Perdana Bertajuk ‘Rockalisasi’

Apakah anda pernah terpikir untuk membangun sebuah band dengan teman – teman anda hingga akhirnya band ada dikenal oleh orang banyak. Jika memang itu yang anda pikirkan tentu anda harus membaca artikel ini sampai selesai. Karena sejatinya untuk membangun sebuah band harus banyak persiapan yang dilakukan. Karena tidak akan mungkin band anda akan langsung dikenal oleh masyarakat secara instan. Tentu harus dimulai dari persiapan yang matang.

Jika berbicara tentang komponen untuk membangun sebuah band tentu dimulai dari anggota band tersebut, peralatan musiknya dan juga punya tekad yang kuat. Tiga hal tersebut yang merupakan komponen penting untuk membangun sebuah band. Untuk masalah anggota band dan tekad yang kuat tentu itu tergantung dari diri sendiri dan anggota band anda. Namun yang akan dibahas yaitu tentang peralatan musiknya.

Tentu anda pernah melihat sebuah band yang sedang konser disuatu panggung. Dan peralatan musik yang dipakai antara lain seperti gitar, bass, drum, piano dan juga mic. Sebenarnya peralatan musik tidak hanya itu saja. Namun peralatan musik tersebut yang paling sering digunakan dan terkenal. Tentu kita akan membahasnya satu per satu :

  • Gitar

Perlatan musik gitar tentu sudah sangat terkenal di Indonesia. Peralatan musik tersebut dimainkan dengan cara dipetik hingga akhirnya mengeluarkan bunyi. Secara garis besar gitar terbagi menjadi 2 jenis yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Pastinya jika anda pecinta musik tentu anda bisa membedakan mana gitar akustik dan elektrik begitu juga fungsinya. Perbedaan yang paling menonojol yaitu gitar akustik tidak membutuhkan aliran listrik sedangkan gitar elektrik sangat membutuhkan aliran listrik untuk menghasilkan bunyi. Dan apapun jenis gitarnya tentu memiliki kunci – kunci untuk bisa menhasilkan bunyi yang seirama atau enak untuk didengar.

  • Bass

Peralatan musik bass hampir sama dengan gitar. Namun bass lebih difungsikan untuk mengeluarkan bunyi yang berdengung. Karena sebuah band tanpa adanya bass tentu tidak akan mengeluarkan suara nyanyian yang harmonis dan enak di dengar karena Sesuai dengan namanya bass berfungsi sebagai root atau akar dasar dari sebuah lagu. Maka dari itu bass merupakan salah satu komponen peralatan musik yang wajib dimiliki.

  • Drum

Drum merupakan peralatan musik yang sangat banyak sekali jenisnya. Dan biasanya jenis drum yang dipakai disuatu konser yaitu drum jenis set. Yang di mana drum jenis set mempunyai bagian seperti bass drum, snare drum, tom tom, cymbal, dan juga double pedal. Bagi seorang pria yang bisa memainkan drum secara mahir tentu adalah suatu kebanggan. Karena untuk bisa memainkan sebuah drum harus ada teknik yang dikuasai. Karena tidak akan  bisa memainkan drum hanya dengan memukulnya secara asal – asalan.

  • Piano

Piano sebenarnya tidak terlalu sering digunakan pada saat konser band. Namun ada beberapa band terkenal di Indonesia yang memakai peralatam musik piano seperti band Vierataile, Noah dan lainnya. Tentu ini membutikan bahwa piano masih merupakan peralatan musik modern dan tetap digunakan sampai sekarang. Bahkan hanya beberapa orang saja yang bisa mahir memainkan piano dengan suara yang indah.

  • Mic

Mungkin kalau peralatan musik yang satu ini semua orang juga bisa memainkannya. Karena suara yang dihasilkan bagus atau tidak tentu bukan micnya melainkan suara anda sendiri. Maka dari itu biasanya dalam sebuah band yang menjadi vocal adalah orang – orang yang benar mahir dalam bernyanyi.

Untuk membeli peralatan musik diatas tentu anda bisa langsung mengujungi situs ini. Yang di mana toko online tersebut menjual berbagai macam perlatan musik dan barang lainnya dengan kualitas barang yang baik, terjamin dan tentunya murah.

Komentar