Musisi Jazz Legendaris Toots Thielemans Meninggal Dunia

Musisi Jazz Legendaris Toots Thielemans Meninggal Dunia

Jazz

Axl Rose Gantikan Brian, Calon Penonton Kecewa dan Kembalikan Tiket Konser AC/DC
Joey Alexander Siap Bocorkan Album Baru di Konser
Eks Drummer Meninggal, Personil Megadeth Dirundung Duka

Musisi jazz legendaris yang tersohor dengan permainan harmonikanya, Toots Thielemans, meninggal dunia pada Senin (22/8) di usia 94 tahun. Ia menghembuskan nafas terakhir dengan damai, dalam tidurnya di sebuah rumah sakit di Belgia. Thielemans dirawat di rumah sakit tersebut setelah terjatuh dan mengalami operasi di bagian bahu.

“Ia benar-benar senang. Ia baik-baik saja. Kami sangat terkejut (atas kematiannya). Ia tengah tertidur dan ia tidak terbangun pagi ini,” tutur Veerle Van de Poel selaku manajer Thielemans, demikian dilansir Billboard.

Pria kelahiran Brussel, Belgia ini telah menjalani karier panjang hingga mengantarkan namanya menjadi seorang pemain harmonika terbaik di dunia. Pria yang bernama asli Jean-Baptiste Frédéric Isidore Thielemans ini memainkan harmonika sebagai sebuah hobi sebelum ia mengenal musik jazz pada masa pendudukan Jerman di Belgia saat Perang Dunia II.

Ia mengawali kariernya dengan bergabung bersama Benny Goodman dalam tur Eropa pada 1950 silam. Sejak 1952 ia pun pindah ke AS dan melanjutkan karier bermusiknya bersama Charlie Parker”s All Stars. Selanjutnya ia juga turut bermain dan tampil dengan sejumlah musisi jazz ternama seperti Frank Sinatra, Ella Fitzgerald, Billy Joel, Paul Simon, Miles Davis, Max Roach, Jaco Pastorious, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Thielemans juga menjalani karier solonya dengan merilis beberapa album dan memunculkan lagu-lagu terkenalnya seperti “For My Lady”, “Isn”t She Lovely”, “Blue In Green”, dan “Bluesette”. Beberapa karnyanya juga turut mengisi beberapa film seperti Midnight Cowboy, The Getaway dan sejumlah film Belgia lainnya. Permainan harmonikanya juga dapat terdengar dalam lagu tema utama asli dari Sesame Street.

Pada 2001 silam, Thielemans juga mendapatkan penghargaan gelar bangsawan dari raja Belgia, Albert II sebagai seorang tokoh yang berpengaruh di negaranya. Ia juga sempat tampil dalam sebuah konser yang menandakan ulang tahunnya yang ke-90 pada 2012 lalu sebelum mengadakan tur dunia. Dalam beberapa tahun kesehatannya terus menurun hingga pada 2014 ia pun memutuskan untuk menghentikan karier bermusiknya.

“Kami telah kehilangan seorang musisi hebat, seorang dengan kepribadian yang hangat. Saya turut berbelasungkawa bersama keluarga dan teman dari Toots Thielemans,” ujar Perdana Menteri Belgia, Charles Michel dalam akun Twitternya.

Dengar karya-karya Toots Thielmans

 

Komentar